Pengertian dan Cara Menulis Sinopsis

Pengertian dan Cara Menulis Sinopsis – Sinopsis jika diartikan adalah sebuah ringkasan, catatan atau garis besar suatu naskah yang menggambarkan isi dari suatu film atau pementasan yang dilakukan baik secara konkrit maupun secara abstrak. Sinopsis akan sangat berguna bila sebuah film atau drama menggunakan prolog serta juga dapat memberikan sebuah informasi singkat mengenai cerita tanpa harus menjelaskan secara panjang. Berikut fungsi sinopsis secara detail kami berikan.

Pengertian dan Cara Menulis Sinopsis

Fungsi dari sinopsis:
  • Untuk memberikan gambaran ringkas dari isi naskah
  • memberikan gambaran secara cepat mengenai isi naskah
  • Sebagai prolog atau epilog dari naskah
  • Membuat gambaran jelas secara sederhana tentang urutan cerita dalam naskah
  • Draf pedoman pemeran atau pemain dalam pelaku improvisasi
Cara membuat tulisan sinopsis:
  • Jika ingin menulis suatu sinopsis dari film, novel ataupun drama harus mengetahui dulu isi cerita atau naskah asli dari karya tersebut. Sumber yang diberikan juga harus jelas, sehingga tulisan tidak menyimpang.
  • Sebagai penulis, kita juga harus mencatat poin penting yang akan dibagi sehingga tulisan meski pendek kaya akan informasi.
  • Kalimat yang digunakan, usahakan buat menarik, buat tulisan anda menjadi sesuatu yang akan menjadi ciri khas. Jangan lupa memberikan detail informasi lain untuk menambah kuat sinopsis yang diberikan seperti nama pemain.
Contoh tulisan sinopsis tentang Film Begin Again (2013):
Film Begin Again bercerita tentang seorang penulis lagu dan penyanyi bernama Greta (Keira Knightley) yang pindah ke New York bersama pacarnya, Dave (Adam Levine), yang juga merupakan penyanyi dan penulis lagu, Dave baru saja mendapat kontrak rekaman, hal yang selama ini telah ia inginkan.

Tapi. Dave justru menjadi sombong dan  membuat masalah bagi hubungan mereka, sehingga Greta pergi meninggalkan Dave. Dengan bantuan sahabatnya, Greta bertemu dengan Dan (Mark Ruffalo), seorang produser musik yang sedang mengalami kesulitan dalam karirnya. Dan melihat Greta memiliki potensi untuk menjadi bintang, ia ingin mengorbitkan Greta meski Greta idealis dalam hal bermusik.

Demikianlah Pengertian dan Cara Menulis Sinopsis, Bila ingin mendapat update artikel dari serialandfilm dapat mengikuti lewat email.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Cara Menulis Sinopsis"

Posting Komentar